Sabtu, 15 Juni 2013

makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama


  •  makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama 

I. pembukaan 
 
       mencermati proklamasi kemerdekaan republik indonesia menjadikan kita sebagai warga negara dapat memahami betapa gigihnya perjuangan para pendiri negara ( founding father ) dalam membebaskan bangsa indonesia dari belenggu penjajahan . hal ini membuat kita sadar begitu pentingnya kita berbuat untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan , sehingga meningkatkan kualitas pemahaman kita akan makna proklamasi kemerdekaan itu sendiri dan makna hidup berbangsa dan bernegara yang bebas dari belenggu penjajahan .

A. hakikat dan makna proklamasi kemerdekaan 

I. hakikat proklamasi 

       latar belakang adanya proklamasi kemerdekaan indonesia diawali dengan dijatuhkanya bom oleh tentara amerika serikat pada tanggal 6 agustus 1945 di kota hiroshima di jepang . kemudian pada tanggal 9 agustus 1945 bom atom kedua dijatuhkan di kota nagasaki , jepang .

       hal ini menyebabkan jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu yang diketuai oleh amerika serikat . pada saat itulah kesempatan dipergunakan sebaik-baiknya oleh para pejuang kemerdekaan bangsa indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan indonesia terlepas dari belenggu penjajahan jepang . namun dalam pelaksanaannya terdapat perbedaan pendapat di antara para pejuang . pejuang golongan muda yang antara lain terdiri dari sukarni , adam malik , kusnaini , syahrir , soedarsono , soepomo , chaerul saleh menghendaki kemerdekaan secepat mungkin , dan pejuang golongan tua yang antara lain soekarno dan hatta tidak ingin terburu - buru karena mereka tidak menginginkan terjadinya pertumpahan darah pada saat proklamasi . soekarno belum yakin bahwa jepang telah menyerah , dan dengan proklamasi kemerdekaan saat itu dapat  menimbulkan pertumpahan darah yang besar , serta dapat berakibat sangat fatal jika para pejuang indonesia belum siap .

      kemudian pertemuan - pertemuan pun dilakukan dalam bentuk rapat PPKI ( panitia persiapan kemerdekaan indonesia atau disebut juga dokuritsu zyunbi linkai dalam bahasa jepang ) . para pejuang golongan muda tidak menyetujui rapat itu , dan menggangap bahwa PPKI adalah sebuah badan bentukkan jepang . mereka mengiginkan kemerdekaan atas bangsa kita sendiri , bukan dari pemberitaan jepang .

      pada saat itu pejuang golongan muda kehilangan kesabaran lalu menculik soekarno dan hatta dan dibawa ke rengasdengklok , yang kemudian dikenal sebagai peristiwa rengasdengklok . tujuan penculikan itu adalah agar IR.soekarno dan Moh.hatta tidak terpengaruh oleh jepang . mereka meyakinkan soekarno bahwa jepang telah menyerah dan para pejuang telah siap untuk melawan jepang serta siap menanggung resikonya . sementara itu di jakarta , golongan muda yang diwakili wikana , dan golongan tua diwakili mr . ahmad soebardjo menyetujui untuk memproklamasikan kemerdekaan indonesia di jakarta . maka di utuslah yusuf kunto untuk mengantar ahmad soebardjo ke rengasdengklok . mereka menjemput Ir.soekarno dan Moh.hatta kembali ke jakarta .Ahmad soebardjo berhasil meyakinkan kepada pemuda agar tidak terburu-buru dalam memproklamasikan kemerdekaan indonesia.setibanya di jakarta mereka menuju ke rumah laksamana maeda di oranye nassau boulevard ( sekarang menjadi Jl.imam bonjol no.1 gedung museum perumusan teks proklamasi ) yang di perkirakan aman dari jepang . sekitar 15 pemuda berkumpul di sana , 15 pemuda itu antara lain B.M diah , bakri , sayuti melik , iwa kusumasumantri , chaerul saleh , untuk menegaskan bahwa pemerintah   jepang tidak campur tangan tentang proklamasi . lalu mereka pun melaksanakan rapat semalaman suntuk untuk mempersiapkan teks proklamasi , lalu jadilah konsep teks proklamasi itu , lalu diketik oleh sayuti melik . lalu pada pagiharinya di kediaman soekarnodi jalan pegangsaan timur NO.56 jakarta ( sekarang menjadi jalan proklamasi no1 ) tepatpada jam 10 pagi waktu indonesia bagian barat , soekarno didampingi oleh moh.hatta membacakan teks proklamasi kemerdekaan indonesia .

II. apa yang dimaksud dengan proklamasi itu ??

     asal nama proklamasi adalah dari kata " proclamatio" ( bahasa yunani ) yang berarti pengumuman kepada seluruh rakyat . pengumuman tersebut terutama pada hal-hal yang berhubungan dengan ketatanegaraan .

     proklamasi kemerdekaan merupakan pengumuman kepada seluruh rakyat akan adanya kemerdekaan .pengumuman tersebut tidak hanya didengar oleh rakyat indonesia , pengumuman ini didengar di seluruh dunia dan kepada semua bangsa yang ada di muka bumi ini .

     dengan proklamasi ini , diserukan bahwa kepada semua bangsa di dunia bahwa  ada sebuah negara baru yang terbebas dari penjajahan negara lain . dalam proklamasi , telah lahir negara baru yang memiliki kedudukan yang sama dengan negara-negara lain yang telah ada sebelumnya .


    pada umumnya kemerdekaan bagi suatu bangsa dimaksudkan untuk : 

- melepaskan diri dari belenggu penajajahan bangsa lain .
- dapat hidup sederajad dengan bangsa - bangsa lain yang telah merdekan dalam pergaulan antar bangsa di dunia internasional .
- mencapai tujan nasional bangsa 



BERSAMBUNG...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar